INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Timbrangan
  • Pengaduan Layanan Dapat Melalui [email protected]

Gerakan Penghijauan dengan Pembuatan Taman di Kelompok Bermain Permata Hati

02 Agustus 2023 Berita Desa Dibaca 333 Kali

            Tim KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2023 subunit Timbrangan bersama jajaran pengurus, pengajar, dan wali murid melakukan penanaman bibit di Kelompok Bermain Permata Hati Desa Timbrangan pada Minggu, 23 Juli 2023. Program kerja dengan tajuk “Revitalisasi Taman PAUD” ini berangkaian kegiatan berupa penanaman bibit di taman dan dilanjutkan dengan pengecatan dan penghiasan dinding dalam PAUD. Program ini sekaligus menyokong program revitalisasi Kelompok Bermain Permata Hati yang didanai dari pemerintah desa dalam RAB Tahun 2022 lalu.

            Kegiatan penanaman dilakukan sejak pagi hari pukul delapan hingga waktu magrib. Kegiatan dimulai dari pembersihan rumput, pengolahan tanah, hingga penanaman bibit tanaman di taman. Adapun bibit tanaman yang ditanam di lahan seluas 12,3 meter×1,9 meter tersebut ialah puring merah, puring kuning, dan rambusa pada sisi-sisi taman; mangga, jambu, dan kelengkeng sebagai pohon utama yang diletakkan di tengah. Selain itu, terdapat pula beberapa bibit tanaman sayuran.

            Program pembuatan taman di Kelompok Bermain Permata Hati sebenarnya telah dirancang sejak tahun lalu bersama dengan rencana pengadaan tandon air, tetapi akhirnya dapat terealisasi pada tahun ini dengan adanya Tim KKN-PPM UGM yang membersamai dan membantu pelaksanaan program, dengan Hanifah Nur Ayuni sebagai penanggung jawab utama.

            Ketua Pengurus Kelompok Bermain Permata Hati, Tri Suryani atau yang akrab disapa Bunda Yani, mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat menjadi upaya penghijauan untuk area PAUD. Hal itu disebabkan oleh area sekitar PAUD yang gersang dan panas. Selanjutnya, setiap pagi wali murid dan pengajar rutin melakukan penyiraman terhadap tanaman-tanaman tersebut agar hasil yang dituai nanti dapat bermanfaat guna melengkapi nutrisi siswa Kelompok Bermain Permata Hati Desa Timbrangan. Dari PAUD, oleh PAUD, untuk PAUD.

 

 

 

Penulis : KKN UGM 2023

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar