INFO
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Timbrangan
  • Pengaduan Layanan Dapat Melalui [email protected]

Revitalisasi Balai Desa Timbrangan sebagai Bentuk Sikap Pemerintah Desa terhadap Program P4L

10 Agustus 2023 Berita Desa Dibaca 713 Kali

            Sebagai upaya ketahanan pangan dan peningkatan gizi dalam tingkat rumah tangga, yang merupakan tujuan dari adanya program pemanfaatan pekarangan dan pengembangan pangan lokal (P4L), Desa Timbrangan melakukan revitalisasi balai desa. Kegiatan ini sebagai bentuk sikap Pemerintah Desa Timbrangan terhadap program P4L yang diinisiasi oleh CSR PT Semen Gresik. Kegiatan revitalisasi tersebut mencakup beberapa kegiatan, yaitu pembuatan taman di sekitar pendopo balai desa, pembuatan irigasi tetes, pembuatan demonstration plot, dan pemasangan papan informasi di Balai Desa Timbrangan.

            Kegiatan revitalisasi balai desa ini merupakan salah satu program kerja unggulan Tim KKN-PPM UGM 2023 subunit Timbrangan. Pada Sabtu, 15 Juli 2023, dibersamai dengan perangkat desa, karang taruna, dan Ibu-Ibu PKK, Tim KKN UGM 2023 mengadakan taman di sekitar pendopo balai desa dan sisi-sisi samping kanan dan kiri balai desa. Tanah pada bagian bawah di sekeliling pendopo balai desa ditanami dengan berbagai jenis tumbuhan, yaitu pucuk merah, aglaonema, lidah mertua, bunga adam hawa, krokot, dan rumput jepang yang menghiasi kekosongan tanah.

Limbah galon plastik yang terbengkalai dimanfaatkan dalam pembuatan taman sebagai pengganti pot guna mengurangi sampah plastik yang berada di sekitar lingkungan. Galon dipotong dan dicat menjadi apik sehingga memperindah dan mewarnai taman Balai Desa Timbrangan. Dalam pot-pot tersebut ditanami berbagai macam tanaman obat keluarga (toga). Adapun pada bagian sudut kanan dan kiri balai desa ditanami dengan puring merah, bonsai beringin varigata, dan rumput jepang.

            Program kerja revitalisasi balai desa ini turut dilengkapi dengan demonstrasi plot (demplot) yang dilakukan dengan penanaman tanaman sayuran, seperti tomat, kembang kol, bawang daun, dan terong. Selain itu, demi menjaga dan memastikan kebutuhan air tiap tanaman tercukupi, Tim KKN UGM 2023 membuat irigasi tetes sederhana, yang dipasang di tanaman, dari pemanfaatan botol plastik bekas. Hal tersebut juga dapat mempermudah penyiraman tanaman di balai desa karena air yang tersimpan di dalam botol plastik tersebut dapat menetes sendiri. Terakhir, kegiatan revitalisasi balai desa disokong dengan pembuatan papan informasi yang dpajang pada dinding balai desa. Dengan adanya papan informasi di balai desa diharapkan masyarakat desa mempunyai akses terhadap segala informasi yang berkaitan dengan desa.

 

 

 

 

 

                                                                                                            Penulis: KKN UGM 2023

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar